Sukses Menjual Barang di Facebook

Unknown | 0 comments
Agar bisnis Anda berhasil di Facebook maka Anda perlu memahami peluang unik didalamnya dimana Facebook itu berbeda dari media lain. Sama seperti Anda tidak akan jalankan iklan radio di televisi maka Anda tidak harus memasarkan produk Anda di Facebook sama seperti memasarkan di majalah atau website.

* Jangan gunakan Facebook untuk egresif berjualan!

Orang menganggap Facebook sebagai ruang sosial yang menyenangkan di mana mereka mengobrol dengan teman-teman, memeriksa foto dan video, dan bersantai. Anda harus bergabung dalam percakapan itu dan menjadi bagian dari komunitas, bukannya menjadi orang yang secara agresif menawarkan produk atau bisnis.

Taktik menjual agresif seperti menggunakan slogan iklan, posting berulang kali tentang produk atau jasa tertentu, atau menyediakan daftar produk dan harga di setiap percakapan terkait, akan jadikan teman Anda berhenti mengikuti. Mereka bahkan mungkin menulis komentar negatif tentang bisnis Anda.

* Miliki tujuan dan strategi yang jelas

Sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan Facebook, dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, sebuah kedai kopi mungkin memutuskan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh Facebook sebesar 10% dalam 6 bulan ke depan. Strategi mereka dapat mencakup:

– Membuat posting setiap pagi menampilkan produk spesial hari ini, menggunakan kode kupon sehingga penjualan dapat dilacak ke Facebook
– Posting foto harian yang menampilkan seorang pelanggan yang dinobatkan sebagai Raja Kopi atau Ratu Kopi saat hari itu.
– Mendorong pengguna untuk mengirim foto gaya mereka sendiri dalam menikmati kopi.

Menetapkan tujuan dan strategi memberikan arahan bagi pemasaran Facebook Anda dan cara untuk mengukur keberhasilan Anda.

* Bicara yang manusiawi untuk bisnis Anda.

Pengguna facebook ingin berbicara secara normal, natural dan manusiawi, tidak ingin terkena situasi formal dan kaku. Siapapun yang mengelola halaman Facebook Anda harus mampu menulis dengan situasi yang terdengar nyata dan menyenangkan, dengan menggunakan gaya yang sesuai dengan bisnis Anda. Mereka juga perlu izin untuk mengungkapkan hal-hal dalam kata-kata mereka sendiri, bukan dalam jargon perusahaan atau ‘garis resmi’.

* Posting secara teratur

Tidak seperti media tradisional (seperti majalah atau televisi), atau media online lainnya (seperti halaman website), media sosial itu dibuat untuk sering-sering update.

Statistik menunjukkan bahwa sekitar 50% dari semua pengguna Facebook masuk profil mereka paling tidak sekali sehari, dan mereka harus melihat bahwa Anda secara teratur posting materi baru. Dianjurkan untuk update posting minimal sekali sehari, tetapi prinsip-prinsip inti adalah Anda memiliki konten yang menarik, dan hal itu untuk menilai seberapa sering audien Anda ingin mendengar dari Anda.

* Mendorong komentar dan membalas dengan cepat

Pancing pengguna Facebook untuk menanggapi posting Anda atau suruh mereka menulis komentar tentang bisnis Anda atau topik yang menarik bagi mereka dan Anda. Ketika pengguna Facebook melakukan komentar, responlah dengan cepat dalam waktu kurang dari 24 jam. Ketika Anda tidak merespon pengguna, maka semakin melemahkan citra Anda dan mereka akan meninggalkan Anda.

* Menggunakan gambar dan video

Gambar dan video adalah unsur utama dari daya tarik Facebook. Menggunakan mereka sering untuk menjaga teman-teman Anda terlibat dan terhibur. Sebagai contoh:

– Pengecer pakaian bisa posting foto-foto stok baru.
– Seorang arsitek atau developer properti bisa posting hari demi hari gambar progress dari pembuatan/renovasi sebuah rumah mewah.
– Pelatih pribadi bisa posting sebuah video instruksional tentang bagaimana melakukan latihan tertentu.

Interaksilah dengan melakukan kontes, games, survei, dapat hadiah, dll. Orang-orang seperti itu akan suka ketika Facebook menyenangkan, dan ketika memberikan sesuatu yang mereka tidak bisa mendapatkannya dengan cara lain.

Penelitian menunjukkan bahwa diskon dan hadiah adalah alasan paling populer bagi pelanggan untuk mengikuti halaman Facebook bisnis ini. Demikian juga, kontes dan permainan dapat digunakan untuk menghidupkan halaman Facebook Anda.

Facebook juga dapat digunakan untuk mendistribusikan survei pelanggan. Jika Anda melakukan ini, pastikan bahwa isi survei Anda singkat, atau menyediakan link survey yang bisa diklik oleh pengguna sehingga bisa berbagi dengan teman-teman mereka.

* Sabar dalam membina hubungan dengan pelanggan

Dibutuhkan waktu untuk membangun hubungan yang baik dengan pengguna Facebook lainnya, jadi bersabarlah. Terlibat tulus dalam percakapan, menyediakan konten yang bermanfaat, dan mengembangkan manfaat bagi pelanggan setia untuk membantu membina hubungan yang positif.

* Mempromosikan halaman Facebook Anda

Jika Anda memiliki halaman Facebook, promosikan juga dengan cara tradisional seperti cantumkan alamat Facebook Anda pada kop surat, kartu nama bisnis Anda dan website, di toko, di iklan, dan di signature email Anda.

Selamat mencoba! 

Labels: 

Author: Unknown

Date: 5/13/16

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Sukses Menjual Barang di Facebook"

Post a Comment