Sejarah Poltekkes Kemenkes Manado

Unknown | 0 comments


Program JPT-D Poltekkes Manado di mulai pada tahun 2001 yang merupakan gabungan dari akademi Pendidikan kesehatan di bawah pembinaan dan tanggung jawab departemen kesehatan RI, antara lain:  Akademi Keperawatan, Akademi Kebidanan, Akademi Gizi dan Akademi Kesehatan Lingkungan. Penggabungan tersebut dari empat akademi pendidikan kesehatan mengandung konsekuensi adanya perubahan dari akademi menjadi jurusan-jurusan di bawah institusi Poltekkes Kemenkes Manado. Penggabungan keempat akademi berdasarkan keputusan Menkes-Kesos Nomor : 298/Menke-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 april 2001 dengan status kelembagaan di bawah tanggung jawab Dep.Kes RI.
            Sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pada tahun 2004 Poltekkes Kemenkes Manado bertambah 2 jenis pendidikan yaitu : Jurusan Farmasi dan Jurusan Kesehatan Gigi berdasarkan Keputusan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan. (Badan PPSDM Kesehatan) Nomor : KP.00.1.1.2.411.2004 tanggal 09 Jnuari 2004.Kemudian tanggal 15 Juni 2010, di tetapkan SK Nomor : HK.03.06/I/II/4.1.2010 tentang pendirian Jurusan Analis Kesehatan Manado.
            Berdasarkan Surat dari Sekretariat Jendral Kementrian Kesehatan RI Nomor TU 05.02/II/II1535/2010. Tanggal 18 Februari 2010 tentang perubahan Nomenkatuur Separtemen Kesehatan RI menjadi Kementrian Kesehatan RI, maka Politeknik Kesehatan Depkes Manado berubah menjadi Politeknik Kesehatan Kemkes Manao.
            Pada saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado memiliki 7 (tujuh) Jurusan dan 11 program studi, yaitu jurusan keperawatan, Kebidanan, Gizi, Kesehatan Lingkungan, Farmasi, Keperawatan Gigi, dan AnaliS Kesehatan. Program Studi terdiri dari 7 Program studi Diploma 3 (DIII) Kesehatan Lingkungan, Diploma 3 Farmasi, Diploma 3 Keperawatan Gigi, Diploma 3 Kebidanan, Diploma 3 Kesehatan Lingkngan, Diploma 3 Analis Kesehatan, dan Diploma 3 Gizi. Serta 4 Program Studi Diploma 4, yaitu Diploma 4 Gizi, Diploma 4 Kesehatan Lingkungan, Diploma 4 Kebidanan dan Diploma 4 Keperawatan.
            Dengan adanya Kepmenkes RI No : HK.03.05/1.2/03086/2012, tanggal 26 April 2012 tentang petunjuk teknis Organisasi dan tata laksana Piliteknik Kemenkes Manado di pimpin oleh seorang Direktur dengan di bantu oleh 3 orang pembantu direktur (Pudir), Kepala Sub Bagian, Kepala Unit dan Kepala Urusan . Pembantu direktur (Pudir) Terdiri dari Pudir I membidangi Akademik, Pudir II Membidangi Keuangan, kepegawaian dan umum serta Pudir III Membidangi kemahasiswaan. Kepala Sub Bagian terdiri dari kepala Sub bagian Administrasi Akademik, kemahasiswaan, perencanaan dan system informasi. Dan kepala Sub bagian Administrasi Umum, Keuangan dan kepegawaian. Kepala unit ada 10 yaitu terdiri dari unit penelitian dan pengabdian pada masyarakat, unit Laboratorium, Unit Perpustakaan, Unit Komputer, Unit Bengkel, Unit Asrama, Unit pemeliharaan dan perbaikan, unit penjaminan mutu, unit layanan pengadaan dan Unit pusat Karir.Kepala Urusan ada 8 terdiri dari Urusan Humas dan Kerjasama , Urusan Akademik, Urusan Kemahasiswaan, Urusan Perencanaan, dan system informasi. Urusan Umum, Urusan Keuangan, Urusan Kepegawaian, Urusan Barang Milik Negara, sedangan untuk melancarkan proses pembelajaran di tiap-tiap jurusan di pimpin oleh Ketua Jurusan dan di bantu oleh Sekretaris Jurusan dan Ketua Program Studi serta Sekretaris Program Studi.

Labels: 

Author: Unknown

Date: 6/13/16

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Sejarah Poltekkes Kemenkes Manado"

Post a Comment