PERSEPSI ORANG TUA TENTANG KONSEP BERMAIN ANAK DIRUANGAN ANGGREK RSUD LIUNKENDAGE TAHUNA

Unknown | 0 comments

BAB I

PENDAHULUAN
A. Latar belakang
       Bermain merupakan dunia anak-anak yang dijalani dalam suatu periode waktu tertentu. Namun tentunya kita sebagai orang tua mengharapkan adanya dampak positif dari permainan yang sedang dimainkan  anak kita, dengan begitu anak tidak  hanya bermain, tapi juga sambil belajar. Sekarang ini banyak permainan-permainan yang dijual baik secara online maupun dijual secara langsung. Kita sebagai orang tua sebaiknya dapat memilih mana permainan yang bersifat edukatif ( mendidik ), dan mana yang tidak, bahkan untuk dapat lebih maksimal dalam menyampaikan pelajaran, pendidikan  anak usia dini menerapkan sistem belajar sambil bermain. ( Aryani, 2009 ).
       Bermain merupakan suatu upaya anak untuk mencari kepuasaan, melarikan diri ke alam fantasi dengan melepaskan segala keinginanya yang  dapat tersalurkan, seperti: keinginan untuk menjadi presiden, raja, permaisuri, dan lain-lain. Bermain sebagai kegiataan  mempunyai nilai praktis. Artinya bermain digunakan sebagai media untuk meningkatkan  keterampilan dan kemampuaan tertentu pada aanak ( Satya, 2006 ).
       Dalam bermain, anak-anak mengembangkan keahlian memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai cara untuk melakukan sesuatu dan menentukan pendekatan terbaik ( Isbell, 2008 ).
       Dari hasil pengamatan penulis di Ruangan Anggrek RSUD Liunkendage Tahuna sebagai ruang perawatan anak, terdapat tempat khusus yang di sediakan sebagai tempat bermain anak. Namun demikian ruangan khusus tersebut masih belum di manfaatkan dengan baik oleh orang tua.
       Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai  Persepsi  Orang Tua Tentang Konsep Bermain Anak Di Ruangan Anggrek  Rumah Sakit Umum Liunkendage Tahuna.
B. Rumusan Masalah
       Berdasarkan latar belakang masalah dirumuskan masalah penelitian   yaitu Persepsi Orang Tua Tentang Konsep Bermain Anak Di Ruangan Anggrek Rumah Sakit Umum Liunkendage Tahuna ?
C. Tujuan Penelitian
       Diketahuinya Persepsi Orang Tua Tentang Konsep Bermain Anak Di Ruangan Anggrek RSUD Liunkendage Tahuna.
D. Manfaat penelitian
1.      Bagi Institusi
 Sebagai bahan masukan dan informasi yang dapat dijadikan sebagai bacaan dan sebagai masukan bagi institusi untuk pengembangan pendidikan kesehatan khususnya keperawatan. 
2.      Bagi Rumah Sakit
Bagi RS khususnya ruangan Anggrek dapat digunakan sebagai bahan masukan tentang beberapa besar Persepsi Orang Tua Tentang Konsep Bermain Anak.
3.      Bagi Penilti

Menambah wawasan ilmu pengetahuan peneliti, sekaligus guna mengaplikasikan teori-teori kesehatan yaang telah dipelajari selama perkulihan.

Labels: 

Author: Unknown

Date: 5/13/16

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "PERSEPSI ORANG TUA TENTANG KONSEP BERMAIN ANAK DIRUANGAN ANGGREK RSUD LIUNKENDAGE TAHUNA"

Post a Comment