SKRIPSI Kadar Total Padatan Terlarut (TDS) Pada Air Minum Isi Ulang

Unknown | 0 comments
Bawinto  B., Siswanto. 2013.  Kadar  Total  Padatan  Terlarut  (TDS) Pada Air Minum Isi Ulang Di Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2013 (Dibimbing Oleh : Pembimbing I Tony K. Timpua, S.Pd,M.Kes DAN Pembimbing II Zakarias Palloan, SST).
ABSTRAK

            Peningkatan kualitas air minum dengan jalan mengadakan pengelolaan terhadap air yang
akan digunakan sebagai air minum dengan mutlak diperlukan apabila air tersebut dari air permukaan. pengelolaan yang dimaksud bisah di mulai dari sangat sederhana sampai pengelohan
lengkap, sesuai dengan Standar Air Minum Nilai Baku Mutu TDS pada Air Minum : 500 Mg/l Menurut Permenkes Nomor : 492/MENKES/PER/IV/2010 . Salah satu teknologi penggunaannya banyak di minati saat ini adalah teknologi pengolahan air minum isi ulang yang dapat mengolah air bersih menjadi air minum langsung dikonsumsi yang kualitasnya memenuhi persaratan kualitas air minum, baik fisik, kimia maupun bakteriologis sesuai dengan pengawasan kualitas air minum yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 492/MENKES/PER/IV/2010.
Tersediannya teknologi pengolahan air bersih menjadi air minum, tersebut telah menghadirkan depot-depot air minum isi ulang yang menjadi sarana yang dapat membantu masyarakat memperoleh air minum lebih cepat dan ekonomis, sehingga menyebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap air isi ulang. Air merupakan media perantara penyakit  khususnya dengan adanya Zat –zat kimia. Zat-zat kimia yang terlarut dalam air ( Total PadatanTerlarut ) yang dapat menimbulkan efek samping yang bersifat berbahaya terhadap manusia.  Adapun Tujuan Penelitian Ini adalah untuk mengetahui Kadar Total Padatan Terlarut (TDS) pada air minum isi ulang di Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud. Penelitian ini termasuk penelitian ‘‘deskriptif
          Hasil pemeriksaan menunjukan air minum isi ulang dari keseluruhan depot yang menjadi objek penelitian syarat kesehatan sesudah pengolahan. Pada 10 Sampel, yakni 5 Sampel sebelum dan 5 Sampel Sesudah proses penyaringan. Secara keseluruhan memiliki Kandungan Total Padatan Terlarut (TDS) pada air minum isi ulang masih memenuhi syarat kesehatan atau tidak melewati standar air minum 500 mg/l.
     Untuk itu penulis menyarankan bagi pengelolah depot air minum isi ulang untuk dapat memperhatikan variabel –variabel yang mempengaruhi peningkatan Total Padatan Terlarut (TDS).


Kata Kunci : Total Padatan Terlarut, Depot Air Minum

Labels: 

Author: Unknown

Date: 3/9/16

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "SKRIPSI Kadar Total Padatan Terlarut (TDS) Pada Air Minum Isi Ulang"

Post a Comment