PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN

Unknown | 0 comments


ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Pengelolaan Usaha
Perencanaan Usaha
            Suatu hal yang tertulis berisikan misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian strategi dan peluang yang mungkin di raih (pasar). Fungsi dari perencanaan :
1.         Sebagai pedoman untk mencapai keberhasilan manajemen usaha yang berupa: Maksud usaha, Usulan finansial, Permintaan dana, Cara penggunaan & pembayaran kembali pinjmn
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
2.         Sebagai alat untk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar yang berupa : Manajemen usaha, Pemasaran, Produksi / operasional, keu. perusahaan
            Pengelolaan keuangan adalah bgmn mengusahakan sumber dana, menggunakan / mengendalikan dana-dana perusahaan. Ada 3 aspek dalam pengelolaan keuangan, yaitu :
  1. Sumber dana/ keu. perusahaan
  2. Perencanaan dan penggunaan dana
  3. Pengawasan dan pengendalian dana
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Teknik dan strategi pemasaran
            Pemasaran merupakan kegiatan meliputi :
            1. Kebutuhan dan keinginan konsumen (Probe)
            2. Menghasilkan barang atau jasa (Product)
            3. Menetukan harga (Price)
            4. Mendistribusikan barang dan jasa (Place)
            5. Mepromosikan (Promotion)
Prinsip pemasaran
            adalah menciptakan hasil bagi pelanggan, keunggulan bersaing dan focus pemasaran.
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Perencanaan pemasaran
Ada beberapa langkah dalam merencanakan pemasaran bagi usaha baru, yaitu :
    1. Penentuan kebutuhan dan keinginan konsumen (penelitian atau riset pemasaran)
    2. Memilih pasar sasaran khusus (pasar individual, khusus, segmentasi pasar)
    3. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
    4. Pemilihan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Strategi pemasaran
            Bagi usaha baru sangatlah cocok untuk menerapkan strategi “market driven”. Strategi ini di bangun berdasarkan enam fundasi.
           
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Marketing Mix
  • Kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Menghasilkan barang atau jasa melalui Product Life Cycle
  • Mentukan harga
  • Mendistribusikan barang dan jasa
  • Mempromosikan
Kiat pemasaran usaha baru
  • Cari peluang pasar
  • Tempat yang tepat
  • Banyak barang yang dibutuhkan
  • Tentukan target apa yang hendak kita capai
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Teknik pengembangan usaha
  1. Perluasan skala ekonomi (econimic of scale)
            Menambah skala produksi, tenaga kerja, teknologi, system distribusi dan tempat usaha.
  1. Perluasan cakupan usaha
            Diversifikasi usaha ekonomi yang ditandai ole biaya produksi total bersama.
Manajemen strategi kewirausahaan
  1. Manajemen kewirausahaan
            Manyangkut semua kekuatan perusahaan yang menjamin bahwa usahanya betul-betul eksis.
  1. Strategi kewirausahaan
            * Strategi bagi pemimpin pasar
            * Strategi bagi bukan pemimpin pasar
            * Strategi lain yang bukan pada tahap pertumbuhan
ž  PENGELOLAAN USAHA DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Memlihara Semangat (Spirit) Wirausaha
            Untuk mendorong perilaku kreatif agar wirausaha memperoleh keuntungan dipasar. Dengan cara :
    1. Mendidik wirausaha tentang pelayanan perusahaan khususnya tentang alasan mereka membeli produk dan jasa, tentang keinginan dan kebutuhan pelanggan
    2. Mendidik wirausaha untuk perbaikkan produk dan pemasarannya.
    3. Menciptakan iklim kerja yang positif yang mendorong ide-ide baru.

Oops! Forgot to put a label.

Author: Unknown

Date: 3/7/14

Sorry! Comments not allowed.