Definisi Kimia Lingkungan

Unknown | 0 comments

Liputan Kimia Lingkungan

Pada saat ini kesadaran akan lingkungan yang bersih dan aman sudah meningkat. Masalah pencemara sudah menarik perhatian banyak kalangan, mulai masyarakat lapisan bawah sampai pejabat tinggi pemerintah.
Penmbangunan yang banyak di laksanakan secara besar-besaran di indonesia dapat membawa dampak negatif terhadap lingkungan hidup. Pengaliran busa deterjen ke laut jawa akan membahayakan kehidupan ikan sampai ke laut banda, pendangkalan bendungan air seperti jati luhur atau karangkates, pengotoran udara kota jakarta dan kota besar lainnya karena asap beracun pada kendaraan bermotor, pencemaran debu di gresik, dan pencemaran sungai-sungai besar yang mengaliri kota-kota yang merupakan sumber air, dan masih banyak lagi contoh kasus pencemaran karena ulah manusia.
                Apakah kimia lingkungan itu? Tidak mudah menjawabnya, karena kimia lingkungan itu amat luas, mulai menyangkut radikal hidrokarbon di udara, tetesan raksa di lantai atau dasar danau, maupun unsur beracun di pertambangan, jadi Kumia Lingkungan itu adalah stdi tentang sumber, reaksi, pengaruh, dan akhir zat kimia dalam tanah, air, dan udara di sekitar kita. Secara singkat kimia lingkungan ialah studi tentang gejala kimia di lingkungan kita.
                Kimia lingkungan bukanlah suatu ilmu baru, bidang ini telah di geluti sekitar 70 tahun yang lalu. Banyak pekerjaan kimia lingkungan di kerjakan di luar depertemen kimia dan di luar kelompok industri kimia oleh orang-orang yang tidak di latih dalam kimia. Kimiawan yang membuat pestisida, deterjen, dan bahan kimia lainnya. Pemakai yang bukan kimiawan  menderita akibatnya misalnya biologiwan, insinyur kesehatan, dan petugas danau yang melihat kesuburan ganggang atau eceng gondok.
                Baru pada beberapa puluh tahun yang lalu para kimiawan menyadari masalah ini. Depertemen kimia memberikan kuliah kimia lingkungan dan melakukan penelitian perihal itu. Kalangan industri dapat memanfaatkan kimiawan kimia lingkungan.

Oops! Forgot to put a label.

Author: Unknown

Date: 7/18/13

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Definisi Kimia Lingkungan"

Post a Comment